Sabtu, 01 Januari 2011

Mendaur ulang sampah plastik menjadi sumber usaha


Plastik menjadi bahan pembungkus yang paling banyak digunakan masyarakat. Meski semangat go green terus berkumandang dan banyak yang mencoba menghindarinya, penggunaan plastik hingga kini belum menurun. Itulah sebabnya bisnis penggilingan plastik tetap menggelinding.

Penggilingan sampah plastik merupakan bagian penting dalam sistem daur ulang plastik. Proses itu menjadi jembatan agar sampah plastik bisa bermanfaat.

Para penggiling sampah mengumpulkan plastik berupa botol, gelas atau lembaran plastik dari pemulung atau mencarinya sendiri. Sampah plastik digiling menjadi cacahan plastik. Kemudian, hasilnya dijual ke pabrik plastik. Di pabrik, cacahan itu diolah menjadi plastik baru.

Iyaz, pemilik usaha penggilingan plastik Berkah Semesta Hijau di Depok, sudah menekuni usaha ini sejak lima tahun lalu. Berawal dari ketertarikan melihat keberhasilan kawannya berbisnis penggilingan plastik, dia berminat menerjuni bisnis itu. Apalagi, dia melihat permintaan plastik daur ulang sangat tinggi. Dari hari ke hari, jumlah plastik yang diolahnya semakin banyak.

Ia mengatakan, tidak semua sampah plastik bisa didaur ulang dengan aman. Jenis plastik yang tidak bisa didaur ulang antara lain jenis polyvinyl chloride (PVC), polystyrene (PS), styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene sturene (ABS), polycarbonate (PC), dan nilon.

Karena itu, Iyaz saat ini hanya mengolah tiga jenis sampah plastik, yaitu jenis polypropylene (PP),polyethylene terephthalate (PET), dan low density polyethylene (LDPE). PP biasa dijumpai pada kemasan cup plastik, sedangkan PET dan LDPE berasal dari botol plastik dan botol infus. "Selain keliling sendiri, juga ada yang memasok sampah-sampah ini," katanya.

Plastik yang terkumpul dibersihkan hingga tidak menyisakan bahan lain. Iyaz mempekerjakan warga sekitar pabrik. Setelah benar-benar bersih, plastik dipisahkan berdasarkan jenis, baru dicacah.

Ada dua proses dalam pengolahan sampah plastik, yaitu penggilingan kering dan basah. Jika penggilingan kering, pencucian dilakukan setelah proses giling. Adapun penggilingan basah caranya mencampur plastik dengan air dingin atau panas. "Tingkat kebersihan dan kejernihan berbeda," kata Iyaz. Ia lebih memilih penggilingan air dingin karena lebih bersih.

Selain dijual ke pabrik-pabrik pengolahan plastik dalam negeri, ada juga yang menjual hasil cacahan plastik tersebut ke pasar luar negeri. Per bulan, Iyaz memproduksi cacahan plastik antara 5 hingga 10 ton. "Omzetnya bisa sekitar Rp 200 juta-an," kata Iyaz, yang saat ini baru memiliki satu mesin pengolah plastik.

Dia berencana menambah satu mesin giling lagi karena meningkatnya permintaan. Sekadar informasi, harga satu mesin giling plastik sekitar Rp 30 juta hingga Rp 35 juta. Harga tersebut belum termasuk mesin penggerak. Iyaz menggunakan penggerak dari mesin truk Hino.

Di sisi lain, dia mengungkapkan, aliran kas di bisnis penggilingan plastik tergolong cepat. Karenanya, dia harus membayar langsung secara tunai para pengepul sampah plastik. Untuk menghindari kemacetan pembayaran, Iyaz juga meminta bayaran tunai ke pabrik-pabrik yang membeli plastik olahannya.

Selain Iyaz, ada juga Stanley. Ia adalah pemilik CV. Sinar Terang di Surabaya yang mulai menggeluti bisnis ini sejak tahun 2008. Usahanya didorong oleh keinginan membantu orang tuanya yang memiliki home industry percetakan plastik. Dari usaha itulah, Stanley banyak menemukan sampah plastik yang menumpuk dan terbuang percuma.

Bermodalkan sebuah mesin penggiling plastik berkapasitas 1 ton seharga Rp 20 juta, dia memulai usaha barunya. Kini, seluruh kapasitas mesin telah digunakan untuk menggiling material plastik, seperti gelas dan botol air mineral, ember, dan lain sebagainya. Menurut pria usia 29 tahun ini, proses penggilingan berlangsung sekitar tujuh jam. Hasilnya bijih plastik dengan bentuk dan kualitas yang baik.

Saat ini, pelanggan Stanley adalah para pengepul sampah. Mereka membeli jasa Stanley untuk mengolah sampah plastik menjadi bijih plastik untuk dijual kembali ke perusahaan plastik.

Stanley menerapkan tarif Rp 700 per kilogram untuk penggilingan kering dan Rp 800 per kilogram untuk penggilingan basah. Penggilingan basah lebih mahal sebab hasilnya lebih baik. Air yang ada dalam mesin akan membilas plastik, sehingga bijihnya lebih bersih dibandingkan penggilingan kering.

Proses penggilingan basah biasanya dilakukan untuk sampah botol atau gelas air mineral. Sedang penggilingan kering untuk material plastik yang lebih keras, seperti ember dan baskom plastik.

Setiap hari Stanley bisa memperoleh order dari dua sampai tiga orang pengepul plastik. Dari order itu, dia mampu mengumpulkan omzet Rp 700.000 hingga Rp 800.000 per hari atau sekitar Rp 20 juta hingga Rp 25 juta saban bulan.

Meski memiliki omzet sebesar itu, Stanley masih mengeluhkan biaya bahan bakar minyak (BBM) yang mahal. Pasalnya, mesinnya sangat bergantung dari pasokan solar. Setiap hari, satu mesin kapasitas 1 ton miliknya membutuhkan sekitar lima liter solar.

Biaya perawatan mesin juga membebani. Apalagi saat ini harga suku cadang naik. Maklum, mesin penggerak penggiling plastik miliknya adalah mesin bekas yang dibeli dua tahun lalu.

Selain itu, usaha penggilingan sampah plastik sudah banyak dilakukan orang. Untuk itu, Stanley memilih memfokuskan usahanya di wilayah Surabaya sambil menunggu penambahan mesin penggiling baru.



17 komentar:

  1. Infonya mantab bro
    semoga bisa mengurangi sampah plastik yang mengotori tanah

    BalasHapus
  2. mantap .... cuma bingung memulainya. gimana ya?

    BalasHapus
  3. Dimana saya bisa mendapatkan mesin untuk mesin giling dan mesin penepung plastik?Tolong infonya

    BalasHapus
  4. MOHON INFO: infonya menarik.. jika tidak keberatan bisa di informasikan no. kontak Iyaz dan lokasi pengolahan di depok alamatnya dimana, saya tertarik mau berkunjung ke sana. Terima kasih

    BalasHapus
  5. saya tertarik dengan usaha pencacahan sampah plastik, tlng diberikan informasi bagaimana cara memulai usaha itu, untuk distribusi pemasarannya bgaimana (saya berdomisili di wilayah kab. semarang), terus gambaran kerjanya gmn? trimakasih...

    BalasHapus
  6. kami Supplier biji Plastik khusus di bidang Polystyrene (PS), kami sudah menjalankan usaha dari thn 2005. Jika Pak Stanley ada menggiling PS dan bersedia menjualnya ke kami, silahkan hubungi kami di 081286640700 atau klik web kami di www.plastikbekas.indonetwork.co.id atau di www.wix.com/primaplastindo/bijiplastikps

    Stockist kami di Dadap - Tangerang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak, perusahaan bapak menerima biji plastiknya atau masih berupa cacahan plastik? mohon anda ke saya ariyono.lestari@gmail.com harga dan persyaratan plastik yang bisa dijual ke perusahaan bapak. Terima kasih.

      Ariyono Lestari, Solo

      Hapus
  7. Saya sangat tertarik, bisakah di share bagaimana cara memulai usaha ini..? dan dimana bisa membeli mesin pencacah plastik, harganya, dan kemana menyetorkan hasil gilingan plastik..? soalnya ada yg mau memasok plastik bekas kepada saya..

    BalasHapus
  8. Saya sangat tertarik, bisakah di share bagaimana cara memulai usaha ini..? dan dimana bisa membeli mesin pencacah plastik, harganya, dan kemana menyetorkan hasil gilingan plastik..? soalnya ada yg mau memasok plastik bekas kepada saya..
    Mohon di share ke email saya : kaladeder@gmail.com

    BalasHapus
  9. tolong kasih gambar sampah plastik yang bernilai eklonomis

    BalasHapus
  10. saya sangat tertarik usaha ini mohon alamat dan no.tlpn bapak agar saya bisa berbisnis kepada bapak terima kasih.

    BalasHapus
  11. Waduh sayang bisnis yg ini diawali dgn modal yg besar,sebetulnya tertarik.

    BalasHapus
  12. Kami UD. Prima Plastindo, bekerja secara Profesional dan kami adalah supplier Utama Bahan Baku Biji Plastik, Polystyrene ( GPPS) dan Hi Impact Polystyrene ( HIP) gilingan maupun pelet proses.
    Kami memiliki jumlah produksi PS dan HIP dalam jumlah besar dan rutin tiap minggu. Kami bekerja secara profesional oleh karena itu semua produk yang kami tawarkan adalah kualitas terbaik dan kami siap melayani permintaan anda dalam jumlah besar dengan kualitas mutu terjaga, kapanpun baik sebelum ataupun sesudah hari raya.

    Stockist kami dikenal sebagai pusat PS dan HIP Giling di lokasi DADAP-PRANCIS, dengan jumlah BESAR dan kualitas TERBAIK.

    Kami merintis usaha khusus di Polystyrene ( PS) giling dan High Impact Polystyrene ( HIP) sejak tahun 2005, oleh karena itu yang menjadi andalan kami dalam menjalankan usaha PS dan HIP adalah kejujuran dan profesionalitas.
    Usaha yang kami jalankan ini bersekala Nasional, menjangkau seluruh pelosok yang ada di Indonesia.

    Motto kami adalah
    " DISTRIBUSI PRODUK SECARA BERKESINAMBUNGAN DENGAN KUALITAS TERBAIK DALAM JUMLAH BESAR DAN RUTIN DENGAN HARGA YANG STABIL DAN PROFESIONAL "

    Bahan baku PS ini diperoleh dari ex-toples kue, ex-kotak kartu nama, ex-kotak CD, ex-gelas Bandara, BS pabrik ( produk Not Good/ NG Pabrik) .

    Adapun Produk Utama yang menjadi andalan kami dalam memenuhi kebutuhan pasar, yaitu GPPS antaralain :
    1. PSS ( PS Super) gilingan - wrn Bening, qty > 100 ton/ bln
    2. PSSS ( warna Bening - tidak ada bubuk) -> untuk injection, qty25 ton/ bln
    3. PS Cemerlang ( wrn kristal Kaca) , qty 40 ton/ bln.
    4. PS Kulkas/ PS Cangkang/ PS Avalan ( warna bening kristal, bluiesh kristal - giling kering BS Pabrik) , qty 40ton/ bln.
    5. PS Warna Kristal Transparan - giling kering ( Merah, kuning, hijau, biru) , BS an Pabrik/ Bekuan/ Avalan/ Reject Produk Pabrik, qty 10ton/ bln

    Informasi:
    a. PS Styrofoam Pelet - untuk sementara kosong, dan dapat diganti dengan alternatif ready stock yang ada di kami yaitu, PS giling warna hijau, biru, merah, kuning transparan
    b. PS Gelas giling, untuk sementara tidak diproduksi dan sebagai pengganti adalah PS Cemerlang

    Untuk melayani kebutuhan pasar yang semakin besar, kami juga memproduksi Biji Plastik yang lainnya:
    1. HIP Natural Proses ( warna Natural BS Pabrik) , qty 25 ton/ bln
    2. HIP Natural Vacum/ Sheet ( warna Natural - giling kering BS Pabrik) , qty 25ton/ bln
    3. HIP Natural Tebal ( warna Natural, giling kering BS Pabrik) , qty 15ton/ bln
    4. HIP Putih Vacum/ Sheet ( warna Putih bersih giling kering BS Pabrik) , qty 25ton/ bln
    5. HIP Putih Kulkas ( Warna putih bersih, giling kering dari Kulkas) , qty 20ton/ bln
    6. HIP Hitam Tebal ( warna Hitam giling kering BS pabrik) , qty 15ton/ bln
    7. ABS hitam giling kering ( BS Pabrik) , qty 40 ton/ bln
    8. ABS Putih Kulkas ( warna putih bersih, giling kering dari Kulkas) , qty 20ton/ bln
    9. PP Putih giling kering ( BS Pabrik/ Cangkang Produk) , qty 20 ton/ bln
    10. PP Bening giling ( BS Pabrik) , qty 15ton/ bln
    11. PP Natural giling ( BS Pabrik) , qty 15ton/ bln
    12. PP Hitam copolimer giling ( BS Pabrik) , qty 15 ton/ bln

    Silahkan lihat semua foto produk yang telah kami kami sebutkan di atas pada info " PENAWARAN DAGANG " yang telah kami cantumkan dan Kami pastikan anda PUAS dengan produk yang kami tawarkan, karena semua produk yang kami tawarkan adalah kualitas TERBAIK dan TERJAGA secara profesional.

    Stockist kami ada di DADAP-TANGERANG

    Jika Perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan bahan baku yang kami pasarkan, mohon jangan ragu untuk mengunjungi web kami di
    www.wix.com/primaplastindo/bijiplastikps atau www.plastikbekas.indonetwork.co.id atau hubungi kami langsung di andyk_id@yahoo.com atau primaplastindo@gmail.com atau di 081286640700, kami siap melayani kebutuhan anda secara profesional.

    " UNTUK KEPASTIAN DAN PROFESIONALITAS, KAMI MEMPERSILAHKAN BAPAK/ IBU UNTUK MELIHAT LANGSUNG JENIS BARANG YANG KAMI TAWARKAN DI STOCKIST KAMI YANG ADA DI DADAP-TANGERANG, UNTUK MENJAGA TINDAK PENIPUAN YANG MENGGUNAKAN ATAU MENGCOPY - EDIT WEBSITE KAMI "

    Terimakasih

    BalasHapus
  13. ini di sklh saya ada lah kalo bisa dijual kemana supaya mahal

    BalasHapus
  14. ini di sklh saya ada lah kalo bisa dijual kemana supaya mahal

    BalasHapus
  15. http://www.tokobagus.com/iklan/penawaran-pollycarbonate-31078203.html?utm_source=facebook&utm_medium=approved-ads&utm_campaign=approved-ads

    BalasHapus
  16. http://www.tokobagus.com/iklan/penawaran-pollycarbonate-31078203.html?utm_source=facebook&utm_medium=approved-ads&utm_campaign=approved-ads

    BalasHapus