Sabtu, 01 Januari 2011

Mendaur ulang sampah plastik menjadi sumber usaha


Plastik menjadi bahan pembungkus yang paling banyak digunakan masyarakat. Meski semangat go green terus berkumandang dan banyak yang mencoba menghindarinya, penggunaan plastik hingga kini belum menurun. Itulah sebabnya bisnis penggilingan plastik tetap menggelinding.

Penggilingan sampah plastik merupakan bagian penting dalam sistem daur ulang plastik. Proses itu menjadi jembatan agar sampah plastik bisa bermanfaat.

Para penggiling sampah mengumpulkan plastik berupa botol, gelas atau lembaran plastik dari pemulung atau mencarinya sendiri. Sampah plastik digiling menjadi cacahan plastik. Kemudian, hasilnya dijual ke pabrik plastik. Di pabrik, cacahan itu diolah menjadi plastik baru.

Iyaz, pemilik usaha penggilingan plastik Berkah Semesta Hijau di Depok, sudah menekuni usaha ini sejak lima tahun lalu. Berawal dari ketertarikan melihat keberhasilan kawannya berbisnis penggilingan plastik, dia berminat menerjuni bisnis itu. Apalagi, dia melihat permintaan plastik daur ulang sangat tinggi. Dari hari ke hari, jumlah plastik yang diolahnya semakin banyak.

Ia mengatakan, tidak semua sampah plastik bisa didaur ulang dengan aman. Jenis plastik yang tidak bisa didaur ulang antara lain jenis polyvinyl chloride (PVC), polystyrene (PS), styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene sturene (ABS), polycarbonate (PC), dan nilon.

Karena itu, Iyaz saat ini hanya mengolah tiga jenis sampah plastik, yaitu jenis polypropylene (PP),polyethylene terephthalate (PET), dan low density polyethylene (LDPE). PP biasa dijumpai pada kemasan cup plastik, sedangkan PET dan LDPE berasal dari botol plastik dan botol infus. "Selain keliling sendiri, juga ada yang memasok sampah-sampah ini," katanya.

Plastik yang terkumpul dibersihkan hingga tidak menyisakan bahan lain. Iyaz mempekerjakan warga sekitar pabrik. Setelah benar-benar bersih, plastik dipisahkan berdasarkan jenis, baru dicacah.

Ada dua proses dalam pengolahan sampah plastik, yaitu penggilingan kering dan basah. Jika penggilingan kering, pencucian dilakukan setelah proses giling. Adapun penggilingan basah caranya mencampur plastik dengan air dingin atau panas. "Tingkat kebersihan dan kejernihan berbeda," kata Iyaz. Ia lebih memilih penggilingan air dingin karena lebih bersih.

Selain dijual ke pabrik-pabrik pengolahan plastik dalam negeri, ada juga yang menjual hasil cacahan plastik tersebut ke pasar luar negeri. Per bulan, Iyaz memproduksi cacahan plastik antara 5 hingga 10 ton. "Omzetnya bisa sekitar Rp 200 juta-an," kata Iyaz, yang saat ini baru memiliki satu mesin pengolah plastik.

Dia berencana menambah satu mesin giling lagi karena meningkatnya permintaan. Sekadar informasi, harga satu mesin giling plastik sekitar Rp 30 juta hingga Rp 35 juta. Harga tersebut belum termasuk mesin penggerak. Iyaz menggunakan penggerak dari mesin truk Hino.

Di sisi lain, dia mengungkapkan, aliran kas di bisnis penggilingan plastik tergolong cepat. Karenanya, dia harus membayar langsung secara tunai para pengepul sampah plastik. Untuk menghindari kemacetan pembayaran, Iyaz juga meminta bayaran tunai ke pabrik-pabrik yang membeli plastik olahannya.

Selain Iyaz, ada juga Stanley. Ia adalah pemilik CV. Sinar Terang di Surabaya yang mulai menggeluti bisnis ini sejak tahun 2008. Usahanya didorong oleh keinginan membantu orang tuanya yang memiliki home industry percetakan plastik. Dari usaha itulah, Stanley banyak menemukan sampah plastik yang menumpuk dan terbuang percuma.

Bermodalkan sebuah mesin penggiling plastik berkapasitas 1 ton seharga Rp 20 juta, dia memulai usaha barunya. Kini, seluruh kapasitas mesin telah digunakan untuk menggiling material plastik, seperti gelas dan botol air mineral, ember, dan lain sebagainya. Menurut pria usia 29 tahun ini, proses penggilingan berlangsung sekitar tujuh jam. Hasilnya bijih plastik dengan bentuk dan kualitas yang baik.

Saat ini, pelanggan Stanley adalah para pengepul sampah. Mereka membeli jasa Stanley untuk mengolah sampah plastik menjadi bijih plastik untuk dijual kembali ke perusahaan plastik.

Stanley menerapkan tarif Rp 700 per kilogram untuk penggilingan kering dan Rp 800 per kilogram untuk penggilingan basah. Penggilingan basah lebih mahal sebab hasilnya lebih baik. Air yang ada dalam mesin akan membilas plastik, sehingga bijihnya lebih bersih dibandingkan penggilingan kering.

Proses penggilingan basah biasanya dilakukan untuk sampah botol atau gelas air mineral. Sedang penggilingan kering untuk material plastik yang lebih keras, seperti ember dan baskom plastik.

Setiap hari Stanley bisa memperoleh order dari dua sampai tiga orang pengepul plastik. Dari order itu, dia mampu mengumpulkan omzet Rp 700.000 hingga Rp 800.000 per hari atau sekitar Rp 20 juta hingga Rp 25 juta saban bulan.

Meski memiliki omzet sebesar itu, Stanley masih mengeluhkan biaya bahan bakar minyak (BBM) yang mahal. Pasalnya, mesinnya sangat bergantung dari pasokan solar. Setiap hari, satu mesin kapasitas 1 ton miliknya membutuhkan sekitar lima liter solar.

Biaya perawatan mesin juga membebani. Apalagi saat ini harga suku cadang naik. Maklum, mesin penggerak penggiling plastik miliknya adalah mesin bekas yang dibeli dua tahun lalu.

Selain itu, usaha penggilingan sampah plastik sudah banyak dilakukan orang. Untuk itu, Stanley memilih memfokuskan usahanya di wilayah Surabaya sambil menunggu penambahan mesin penggiling baru.



47 komentar:

  1. Infonya mantab bro
    semoga bisa mengurangi sampah plastik yang mengotori tanah

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  2. mantap .... cuma bingung memulainya. gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  3. Dimana saya bisa mendapatkan mesin untuk mesin giling dan mesin penepung plastik?Tolong infonya

    BalasHapus
  4. MOHON INFO: infonya menarik.. jika tidak keberatan bisa di informasikan no. kontak Iyaz dan lokasi pengolahan di depok alamatnya dimana, saya tertarik mau berkunjung ke sana. Terima kasih

    BalasHapus
  5. saya tertarik dengan usaha pencacahan sampah plastik, tlng diberikan informasi bagaimana cara memulai usaha itu, untuk distribusi pemasarannya bgaimana (saya berdomisili di wilayah kab. semarang), terus gambaran kerjanya gmn? trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  6. kami Supplier biji Plastik khusus di bidang Polystyrene (PS), kami sudah menjalankan usaha dari thn 2005. Jika Pak Stanley ada menggiling PS dan bersedia menjualnya ke kami, silahkan hubungi kami di 081286640700 atau klik web kami di www.plastikbekas.indonetwork.co.id atau di www.wix.com/primaplastindo/bijiplastikps

    Stockist kami di Dadap - Tangerang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak, perusahaan bapak menerima biji plastiknya atau masih berupa cacahan plastik? mohon anda ke saya ariyono.lestari@gmail.com harga dan persyaratan plastik yang bisa dijual ke perusahaan bapak. Terima kasih.

      Ariyono Lestari, Solo

      Hapus
  7. Saya sangat tertarik, bisakah di share bagaimana cara memulai usaha ini..? dan dimana bisa membeli mesin pencacah plastik, harganya, dan kemana menyetorkan hasil gilingan plastik..? soalnya ada yg mau memasok plastik bekas kepada saya..

    BalasHapus
  8. Saya sangat tertarik, bisakah di share bagaimana cara memulai usaha ini..? dan dimana bisa membeli mesin pencacah plastik, harganya, dan kemana menyetorkan hasil gilingan plastik..? soalnya ada yg mau memasok plastik bekas kepada saya..
    Mohon di share ke email saya : kaladeder@gmail.com

    BalasHapus
  9. tolong kasih gambar sampah plastik yang bernilai eklonomis

    BalasHapus
  10. saya sangat tertarik usaha ini mohon alamat dan no.tlpn bapak agar saya bisa berbisnis kepada bapak terima kasih.

    BalasHapus
  11. Waduh sayang bisnis yg ini diawali dgn modal yg besar,sebetulnya tertarik.

    BalasHapus
  12. Kami UD. Prima Plastindo, bekerja secara Profesional dan kami adalah supplier Utama Bahan Baku Biji Plastik, Polystyrene ( GPPS) dan Hi Impact Polystyrene ( HIP) gilingan maupun pelet proses.
    Kami memiliki jumlah produksi PS dan HIP dalam jumlah besar dan rutin tiap minggu. Kami bekerja secara profesional oleh karena itu semua produk yang kami tawarkan adalah kualitas terbaik dan kami siap melayani permintaan anda dalam jumlah besar dengan kualitas mutu terjaga, kapanpun baik sebelum ataupun sesudah hari raya.

    Stockist kami dikenal sebagai pusat PS dan HIP Giling di lokasi DADAP-PRANCIS, dengan jumlah BESAR dan kualitas TERBAIK.

    Kami merintis usaha khusus di Polystyrene ( PS) giling dan High Impact Polystyrene ( HIP) sejak tahun 2005, oleh karena itu yang menjadi andalan kami dalam menjalankan usaha PS dan HIP adalah kejujuran dan profesionalitas.
    Usaha yang kami jalankan ini bersekala Nasional, menjangkau seluruh pelosok yang ada di Indonesia.

    Motto kami adalah
    " DISTRIBUSI PRODUK SECARA BERKESINAMBUNGAN DENGAN KUALITAS TERBAIK DALAM JUMLAH BESAR DAN RUTIN DENGAN HARGA YANG STABIL DAN PROFESIONAL "

    Bahan baku PS ini diperoleh dari ex-toples kue, ex-kotak kartu nama, ex-kotak CD, ex-gelas Bandara, BS pabrik ( produk Not Good/ NG Pabrik) .

    Adapun Produk Utama yang menjadi andalan kami dalam memenuhi kebutuhan pasar, yaitu GPPS antaralain :
    1. PSS ( PS Super) gilingan - wrn Bening, qty > 100 ton/ bln
    2. PSSS ( warna Bening - tidak ada bubuk) -> untuk injection, qty25 ton/ bln
    3. PS Cemerlang ( wrn kristal Kaca) , qty 40 ton/ bln.
    4. PS Kulkas/ PS Cangkang/ PS Avalan ( warna bening kristal, bluiesh kristal - giling kering BS Pabrik) , qty 40ton/ bln.
    5. PS Warna Kristal Transparan - giling kering ( Merah, kuning, hijau, biru) , BS an Pabrik/ Bekuan/ Avalan/ Reject Produk Pabrik, qty 10ton/ bln

    Informasi:
    a. PS Styrofoam Pelet - untuk sementara kosong, dan dapat diganti dengan alternatif ready stock yang ada di kami yaitu, PS giling warna hijau, biru, merah, kuning transparan
    b. PS Gelas giling, untuk sementara tidak diproduksi dan sebagai pengganti adalah PS Cemerlang

    Untuk melayani kebutuhan pasar yang semakin besar, kami juga memproduksi Biji Plastik yang lainnya:
    1. HIP Natural Proses ( warna Natural BS Pabrik) , qty 25 ton/ bln
    2. HIP Natural Vacum/ Sheet ( warna Natural - giling kering BS Pabrik) , qty 25ton/ bln
    3. HIP Natural Tebal ( warna Natural, giling kering BS Pabrik) , qty 15ton/ bln
    4. HIP Putih Vacum/ Sheet ( warna Putih bersih giling kering BS Pabrik) , qty 25ton/ bln
    5. HIP Putih Kulkas ( Warna putih bersih, giling kering dari Kulkas) , qty 20ton/ bln
    6. HIP Hitam Tebal ( warna Hitam giling kering BS pabrik) , qty 15ton/ bln
    7. ABS hitam giling kering ( BS Pabrik) , qty 40 ton/ bln
    8. ABS Putih Kulkas ( warna putih bersih, giling kering dari Kulkas) , qty 20ton/ bln
    9. PP Putih giling kering ( BS Pabrik/ Cangkang Produk) , qty 20 ton/ bln
    10. PP Bening giling ( BS Pabrik) , qty 15ton/ bln
    11. PP Natural giling ( BS Pabrik) , qty 15ton/ bln
    12. PP Hitam copolimer giling ( BS Pabrik) , qty 15 ton/ bln

    Silahkan lihat semua foto produk yang telah kami kami sebutkan di atas pada info " PENAWARAN DAGANG " yang telah kami cantumkan dan Kami pastikan anda PUAS dengan produk yang kami tawarkan, karena semua produk yang kami tawarkan adalah kualitas TERBAIK dan TERJAGA secara profesional.

    Stockist kami ada di DADAP-TANGERANG

    Jika Perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan bahan baku yang kami pasarkan, mohon jangan ragu untuk mengunjungi web kami di
    www.wix.com/primaplastindo/bijiplastikps atau www.plastikbekas.indonetwork.co.id atau hubungi kami langsung di andyk_id@yahoo.com atau primaplastindo@gmail.com atau di 081286640700, kami siap melayani kebutuhan anda secara profesional.

    " UNTUK KEPASTIAN DAN PROFESIONALITAS, KAMI MEMPERSILAHKAN BAPAK/ IBU UNTUK MELIHAT LANGSUNG JENIS BARANG YANG KAMI TAWARKAN DI STOCKIST KAMI YANG ADA DI DADAP-TANGERANG, UNTUK MENJAGA TINDAK PENIPUAN YANG MENGGUNAKAN ATAU MENGCOPY - EDIT WEBSITE KAMI "

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak, untuk HIPS warna ori berapa harganya?
      bisa email ke saya ke yohanesraditya@yahoo.com.
      Saya ada kebutuhan rutin.

      Hapus
  13. ini di sklh saya ada lah kalo bisa dijual kemana supaya mahal

    BalasHapus
  14. ini di sklh saya ada lah kalo bisa dijual kemana supaya mahal

    BalasHapus
  15. http://www.tokobagus.com/iklan/penawaran-pollycarbonate-31078203.html?utm_source=facebook&utm_medium=approved-ads&utm_campaign=approved-ads

    BalasHapus
  16. Sy ingin terjun kedunia usaha pengolahan plastik, tp sy blum punya mesin penggiling plastik. mohon infonya klo ada yg mau jual mesin penggiling dg harga murah ( opick.exim@gmail.com )

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Info dong gilingan emberan, pp, pet, dll, buat bos2 gilingan plastik, sy pungepul mcm2 rongsok plastik dan logam, yg mau beli brg dr sy silahkan ambil timbang bayar. Lokasi Rajeg Pasar kemis Tangerang. 081398252659

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  19. Saya giling PET, lokasi di bekasi. Call/sms 085691157140

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  20. Saat ini saya usaha gilingan khusus PET, jika bp/ibu berminat untuk membeli hasil gilingan saya dapat langsung menghubungi saya, call/sms 0856 9115 7140, dapat saya kirimkan sampel

    BalasHapus
  21. Saat ini saya usaha gilingan khusus PET, jika bp/ibu berminat untuk membeli hasil gilingan saya dapat langsung menghubungi saya, call/sms 0856 9115 7140, dapat saya kirimkan sampel

    BalasHapus
  22. Saya giling PET, lokasi di bekasi. Call/sms 085691157140

    BalasHapus
  23. Saya ingin menjual hasil cacahan plastik air mineral gelas / botol bening ..pp..
    mohon prosedur atau infonya

    lokasi jakarta

    mohon utk infonya segera

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal bapak arken sekedar memberi info pak jika mau silahkan bapak pasarkan di surabaya saya juga penggiling, jika bapak berkenan saya tunjukan tempat yang tepat dan harga tinggi di surabaya, ya mogga bisa jadi ladang kerja sama yang baik dan menguntungkan di tempat saya per tgl 3 oktober 2015 harga yg bapak produksi adalah
      1.air mineral gelas (pp bening) per kg Rp.10.500
      2.botol bening pp atau (pet) per tgl diatas per kg Rp 5500
      jika berminat no saya 081333509947 saya di surabaya pak..jika berminat silahkan ke surabaya.

      Hapus
    2. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  24. salam plastik agan agan
    info gan saya jual dan bergerak di bidang penggilingan, barang yang kami hasilkan adalah:
    1. pp sablon reject pabrik gan per kg Rp. 4700 nego
    2.serowul sak reject pabrik gula per kg Rp.4900 nego gan
    posisi surabaya no tlp yang dihubungi 081333509947
    srbya-sidoarjo dan sekitarnya free ongkir gan..

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. A L D I WASTE MANAGEMENT

    DIBELI BARANG DENGAN HARGA YANG TERBAIK :

    JERIGEN PUTIH 5L , 10L , 20L , 30L
    JERIGEN ABU 30L
    DRUM PLASTIK 120L , 200L
    DRUM BESI KOSONG
    PIRINGAN CD / DVD
    TUTUP AQUA GALON / TUTUP BOTOL
    BOTOL INFUS
    MINYAK JELANTAH EX RESTO / CATERING / HOTEL , DLL
    OLI BEKAS GENSET
    KOMPUTER SET , CPU , PRINTER , KURSI , FILLING CABINET , BRANKAS , AC 3 PK KEATAS , KONDISI RUSAK
    AKI BEKAS MOBIL / MOTOR / UPS / TOWER BTS
    TEMBAGA LIDI KUPAS / NON KUPAS
    BIJI PLASTIK PET POLYESTER *
    KULIT KABEL “PE GILA” , PVC UDAH GILING , PP HITAM , PP NATURAL ,
    PC GALON , DLL *
    BELI KAYU GAHARU
    AIR FIXER BEKAS *
    MCB / KONTAKTOR / BREAKER / RELAY / PCB
    PLASTIK KEYBOARD
    PLASTIK EX RONTGEN
    FILM EX OFFSET ( + / - )
    PAPAN JALUR
    FILM NEGATIF , FILM POSITIF KORAN


    GELAS PLASTIK PP UKURAN 8 – 30oz ( BARU )*
    GELAS KERTAS 6 – 20oz ( BARU )*
    HANGER BAJU HITAM *
    RINSO CURAH *
    SUSU KENTAL MANIS FRISISAN FLAG ( SACHET / KALENG )
    ROYCO (KADAR)
    INDOMIE SOTO & GORENG ( BARU / KADAR )
    SABUN MANDI BATANGAN / CAIR ( DETTOL , DLL ) *
    ODOL PEPSODENT
    SOFFEL (LOTION ANTI NYAMUK)
    MINYAK ANGIN *
    PEMBERSIH LANTAI SACHET
    KOREK API GAS (TOKAI , DLL)
    BATU BATERAI AA / AAA
    SANDAL ANAK2 / DEWASA *
    SEPATU ANAK2 / DEWASA *
    KERTAS NASI *
    MIE / SOUN / BIHUN / ROTI KADALUARSA *
    LAKBAN PUTIH / COKLAT *
    SARDEN MACKAREL MERK “BOTAN / MAYA”
    ANEKA SUSU BUBUK KADALUARSA (KALENG / NON KALENG) *
    SERBA MARGARIN CUP / SACHET / KILOAN ( BARU / KADALUARSA ) *
    SERBA ATK *
    SERBA PERABOT ( PIRING , SENDOK , GELAS , MANGKUK , KUALI , WAJAN , PANCI , SAPU LIDI , SAPU PLASTIK ) *
    KRAN DISPENSER *
    DLL DLL DLL DLL

    CATATAN :
    - SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG
    - HANYA MELAYANI PEMBAYARAN TUNAI
    - ALAMAT JELAS & LENGKAP DIBERITAU
    - TIDAK MELAYANI INFO / JUDUL SAJA
    - BARANG SUDAH SIAP JUAL
    - TIDAK MELAYANI TANYA – JAWAB HARGA
    - SAMPEL HARUS ADA ( TANDA * )

    HUBUNGI:

    TELP / SMS / WHATSAPP
    ( 089650091317 )
    ANOM & TEAM


    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Boss. To the point aja ya, Boss mau beli bahan cacahan plastik (banyak macam, tergantung permintaan) stock banyak. Klo tertarik tolong hubungi 082125789266 daerah jawa, jabotabek. Bilang saja dari tedy terima kasih

      Ps. Bahan plastik, dan barang bekas lainya juga bisa ditanya, ada stock jg

      Hapus
  27. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  28. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  29. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  30. Halo Boss. To the point aja ya, Boss mau beli bahan cacahan plastik (banyak macam, tergantung permintaan) stock banyak. Klo tertarik tolong hubungi 082125789266 daerah jawa, jabotabek. Bilang saja dari tedy terima kasih

    Ps. Bahan plastik, dan barang bekas lainnya juga bisa ditanya, ada stock jg

    BalasHapus
  31. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  32. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  33. Mgkn di sni ada penggiling,,
    Saya butuh hd krat merah/kuning, hd aval/hd blowing jerigen 20lt/30lt, pp bening super, pp hitam.
    Bila rekan2 sklia mempunyaun bhn yg saya sebutkan bisa hub WA 0821 3665 4987.
    Mohon bantuan nya trimakasih.

    BalasHapus
  34. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7858363-cara-menyambung-bulu-sayap-pada-ayam-bangkok-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388 & KungfuChiken.

    https://www.sateayam.vip/
    https://m1.hj128.vip/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  35. kami dari CV Arya Putra Mandiri, berdiri sejak tahun 1997 sudah 20tahun lebih eksis mensuplai kebutuhan packing industri baik karung, pallet, terpal dan lain sebagainya dan sudah bekerja sama lebih dari 20 pabrik yang ada di Nusantara, perusahaan kami sudah memiliki badan hukum yang valid, dan tetap

    kami bisa mengirim ke seluruh Nusantara, baik Kalimantan, Makasar, Papua, Nusa tenggara, Sumatra dan pulau Jawa, biasanya jumbo bag untuk wadah isi pengemasan bahan baku atau bahan produk jadi, seperti biji plastik, pasir, pasir besi, arang, sawit, biji-bijian, tepung, semen, pasir silika, garam, dan lain sebagainya yang tentunya kualitas kami tidak akan terkontaminasi dengan produk anda

    stok kami selalu ready berapapun, jangan khawatir bila ingin yang baru kita bis buatkan sesuai request costumer

    Salam hormat
    Fikri Efridho wa/Tlp 082118294180

    BalasHapus
  36. Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq terbaik , Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000
    * Deposit via Pulsa TELKOMSEL
    * 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

    12 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat
    * Perang Dadu
    * BD QQ
    * Adu Sakong (New Game)

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : NagaQQ official
    WHATSAPP : +62 87833350051
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811
    blogspot : agaqqindonesia

    BalasHapus